TELEMATIKA

          Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Media yang digunakan dalam telematika yaitu hardware atau perangkat keras yang berguna sebagai pengirim dan penerima data, satelit digunakan sebagai sarana telematika kegunaan  Satelit komunikasi menerima sinyal yang dipancarkan ke arahnya dari Bumi, dan mengirimkannya ke tempat lain, Komputer, Telephone, Handphone, Smartphone, Televisi, Radio, jaringan Internet, Global Positioning System (GPS).
Sebelum adanya internet media yang digunakan yang mengandung unsur telematika hanya berupa radio, pager, televisi, telegraf, dan telepon. Disini untuk berkomunikasi baik lokal maupun internasional tentunya masih sulit, dikarenakan juga biaya pada jaman dahulu untuk melakukan hal tersebut juga masih cukup mahal. Dan pada jaman sebelum internet muncul, untuk mengirim sebuah surat dibutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah kemunculan internet, untuk melakukan komunikasi menjadi lebih mudah, mencari bahan untuk belajar juga lebih mudah. Dan juga setelah ada internet, dalam hal berkomunikasi bisa lebih cepat dan lebih murah, kita tidak perlu membayar tarif telepon internasional yang mahal bahkan bisa melakukan chatting dan video call. Mengirim surat juga bisa sampai sangat cepat dengan menggunakan email.
Menurut saya dengan adanya telematika sangat membantu kehidupan manusia dalam menemukan informasi yang dicari dengna mudah cepat dan aman. Dengan berkembang pesatnya Telematika di Indonesia ada dampak positif dan negatifnya. Positifnya kita dapat memanfaatkan perkembangan Telematika seperti mencari informasi, berkomunikasi jarak jauh dan lain-lain. Sedangkan hal negatifnya seperti mencari konten-konten pornografi yang dapat diakses oleh siapa saja tenpa terkecuali anak dibawah umur yang semestinya belum waktunya untuk mengetahui hal tersebut.
Kesimpulannya gunakan perkembangan telematika untuk mencari hal-hal yang positif sehingga dapat menambah pengetahuan.



Sumber

0 comments:

Post a Comment