Perkembangan Telematika


Perkembangan telematika saat ini semakin meningkat seiring dengan sumber daya manusia dan juga teknologi informasi yang juga semakin maju. Salah satu perkembangan telematika yang paling pesat adalah internet. Teknologi internet semakin diminati, bahkan hampir setiap individu perlu adanya internet. Sebenarnya hal ini ditunjang dengan adanya gaya hidup yang menjamur. Contohnya saja, adalah Smartphone. Telepon pintar atau smartphone juga banyak yang memanfaatkan fasilitas teknologi internet.

Untuk meningkatkan teknologi telematika di masa mendatang maka perlu ditambahkan berbagairagam aplikasi yang lebih canggih untuk menunjang telematika itu. Oleh karena itu, dengan mendorong bertumbuhnya industri kreatif berbasis telematika, diharapkan akan berkembangsebuah industri yang akan menjadi motor utama penggerak industri telematika tersebut. Aplikasiseperti e-learning, tele-medicine, social networking, sampai konten selular seperti mobile magazine, mobile news dan lainnya adalah aplikasi unggulan yang disinyalir akan mampu menumbuhkan pengguna. Aplikasi unggulan tersebut juga harus mampu meningkatkan kualitas penggunanya.Dalam perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang terjadi saat ini juga diikuti dengan pemanfaat TIK tersebut.

Contohnya adalah perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot. Bukan hanya itu serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan Wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini berakibat menumbuhkan faktor baru dari perkembangan teknologi. Antarmuka pun sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop UBuntu, GoogleApps, YahooApps Live semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik dan lebih bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Halini ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunannya
Hal ini tentu saja tidak lepas dari sisi positif dan negatif nya,
Dampak Positif:
  1. Kemudahan dalam memperoleh Informasi secara cepat. Informasi yang diperoleh dapat bersifat real time artinya pada saat itu juga. Selain itu informasi yang diinginkan dapat diperoleh secara langsung pada sumbernya jadi lebih akurat
  2. Kemudahan dalam memperoleh data. Dengan adanya perkembangan telematika kita dapat memperoleh data dan Informasi dari berbagai sumber, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
  3. Penghematan Waktu. Orang tidak perlu lagi mengorban waktu untuk mengantri lama dalam melakukan transaksi keuangan tetapi cukup dengan melakukan transaksi melalui internet atau ponsel genggam. 
Dampak negatif
  1. Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan mengguankan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding adalah cyber, dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
  2. Penyebaran Virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronik mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.-
  3. Dengan makin terbukanya informasi memungkinkan pihak pihak tidak berkepentingan dapat mengakses informasi yang bersifat terbatas atau rahasia.
Sumber

0 comments:

Post a Comment